Daerah POLRI

Tuesday, 4 May 2021 - 19:22 WIB

1 month yang lalu

logo

Melalui Lat Pra Ops Ketupat Krakatau 2021 Tingkatkan Profesionalisme Polri, Polres PESAWARAN

“Melalui Lat Pra Ops Ketupat Krakatau 2021 Tingkatkan Profesionalisme Polri, Polres PESAWARAN

POSPERANEWS || Polres Pesawaran gelar Lat Pra Ops Ketupat Krakatau 2021 Polres Pesawaran dengan tema, “Melalui Lat Pra Ops Ketupat Krakatau 2021 Kita Tingkatkan Profesionalisme Polri Dalam Rangka Pengamana Idul Fitri 1441 H Dimasa Pandemi Covid 19 Tahun 2021 Guna Mewujudkan Situasi yang Aman, Tertib dan Lancar Diwilayah Hukum Polres Pesawaran”, yang dilaksanakan di Aula Pamor Persada Polres Pesawaran, Selasa (04/05/21) Pukul 09.00 Wib.

Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo, S.Ik, M.H yang diwakili oleh Wakapolres Pesawaran Kompol Yohanis, S.H, M.H, didampingi Kabag Ops Kompol Maryanto, S.H, M.H dan Kasat Lantas Iptu Amsar, S.Sos serta hadir dalam kegiatan tersebut para Pejabat Utama (PJU) Polres Pesawaran serta seluruh Personil Polres Pesawaran dan Polsek Jajaran yang terlibat dalam Ops Ketupat Krakatau 2021.

Pada kesempatan tersebut Wakapolres menyampaikan pelaksanaan Lat Pra Ops kali ini, tentunya kita sudah memahami tentang pelaksanaan Ops Ketupat yaitu sama dengan tahun sebelumnya, situasinya masih sama yaitu masih dalam pandemi Covid 19, saya harapkan semua yang tersprint dalam Ops Ketupat pada tahun ini telah memahami situasi yang ada. Inmendagri sudah ada, untuk itu perlu di pedomani, ini akan menjadi tugas berat dari Personil yang tergabung dalam 8 Pos Pam, kita harus waspada penyebaran Covid 19 dan ancaman terorisme.

Disana juga ada instansi terkait yang akan membantu kita, koordinasikan dengan instansi terkait tersebut, contohnya pada saat pelaksanaan kegiatan pemberhentian kendaraan untuk pengecekan suhu maka kita kedepankan Dinas Kesehatan, jadi saling bersinergi tidak mengedepankan kewenangannya masing-masing, tidak lupa juga terkait penyebaran Covid 19, nanti koordinasikan dengan Dinkes dan BPBD untuk menyiapkan Masker untuk dibagikan kepada Masyarakat yang ditemukan tidak menggunakan masker.

Kemudian perlengkapan perorangan perlu dilengkapi seperti Borgol, Tongkat dll. Untuk penampilan perorangan, apabila sudah memakai pakaian dinas harus merapihkan rambut dan jenggot, tidak ada yang berpakaian dinas tidak rapih jangan sampai ada temuan dan teguran dari pimpinan.

Operasi Ketupat Krakatau Tahun 2021 ini adalah meniadakan adanya mudik lebaran tahun 2021 guna mencegah penyebaran Covid 19, pelaksanaan Operasi Ketupat ini juga merupakan Operasi Kepolisian terpusat yang akan dimulai pelaksanaanya selama 12 hari dari tanggal 06 Mei Sampai dengan 17 Mei 2021 medatang.

“Kegiatan Operasi Kepolisian ini bertujuan terjaminnya rasa aman ditengah-tengah Masyarakat dalam menjalankan Ibadah Puasa dan Merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442 H serta terhindar dari covid 19, juga terwujudnya situasi keamanan serta ketertiban masyarakat yang aman dan kondusif”, Kata Wakapolres.

Dari kegiatan ini diharapkan bisa mencegah adanya penyebaran Covid 19 dan Masyarakat yang melaksanakan ibadah Puasa sampai lebaran dengan aman, nyaman dan sehat. “Tentunya hal yang ingin kita capai ini tidak akan datang dengan sendirinya melainkan dengan kita saling bekerjasama bersama unsur TNI, Pemerintahan Kabupaten Pesawaran serta mitra Kamtibmas lainnya dalam menyelenggarakan Ops Ketupat Krakatau 2021 dapat berjalan dengan sukses tanpa Covid 19”, Terang Wakapolres.

Dilanjutkan dengan paparan Kabag Ops, saya mengingatkan kembali hasil dari Lat Pra Ops Polda Lampung, perlu kita ketahui Provinsi Lampung sudah memasukan 600 Pasien terpapar Covid 19 dan sudah masuk kedalam 3 terbesar Provinsi yang terpapar Covid 19, berkaitan dengan itu larangan-larangan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah tentang pengetatan yang artinya boleh melintas dengan ketentuan harus melengkapi hasil Swab, pada tanggal 6 Mei 2021 nanti akan dilaksanakan peniadaan mudik lebaran tahun 2021, akan tetapi sudah banyak kendaraan-kendaraan yang sudah nyolong start untuk melaksanakan mudik baik di Kabupaten Pesawaran ataupun Kabupaten lainnya.

Maksud dan tujuan dilaksanakan Ops Ketupat Krakatau yaitu Memberikan gambaran kepada stakeholders lainnya tentang kesiapan Polres Pesawaran dan jajaran dalam rangka pengamanan hari Raya Idul Fitri 1442 H Tahun 2021 dimasa Pandemi Covid-19, Adanya kesamaan persepsi antara Polres Pesawaran dengan stakeholders diwilayah Pesawaran dalam rangka mensukseskan pengamanan hari Raya Idul Fitri 1442 H Tahun 2021 dimasa Pandemi Covid-19.

Dalam pelaksanaan Operasi Ketupat tahun ini Polres Pesawaran Menyiapkan 7 Pos Pam dan 1 Pos Pantau yang tersebar dibeberapa Wilayah Hukum Polres Pesawaran yang terdiri dari Pos Pam Tugu Pengantin, Pos Pam Tugu Coklat, Pos Pam Simpang Mutun, Pos Pam Ketapang, Pos Pam Tugu Keris, Pos Pam Exit Tol Masgar dan Pos Pam Exit Tol Batanghari Ogan dan Pos Pantau sendiri terdiri dari Pos Pantau Wisata Pantai Mutun guna memantau kegiatan Masyarakat yang nantinya akan bekerja sama dengan Pihak TNI, Satpol PP serta Dinas terkait.(reda)

Artikel ini telah dibaca 115 kali

Baca Lainnya