Presiden dan Wakil Presinden Republik Indonesia

Daerah Propinsi Lampung

Selasa, 13 Juli 2021 - 07:43 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Akan di Alirkan Limbah PT.BTLA Ke sungai Cambai, Belum ada Komentar dari Bupati Mesuji

MESUJI (posperanusantaranews.com) Masyarakat perairan khusus nya desa sungai cambai kecamatan Mesuji timur menolak keras pengalihan terowong air untuk saluran limbah kebun sawit dijalan alternatif kabupaten Mesuji.

Dengan tanda tangan pernyataan diwakili oleh toko Masyarakat sungai cambai, membuktikan penolakan keras yang dilontarkannya kepada perusahaan, sudah beberapa kali Berita ini dilayangkan bupati Mesuji Saply TH melalui via WhatsApp tidak mau merespon ditelponpun tidak di angkat sampai media ini dinaikkan kembali’.

Semenjak perkebunan kelapa sawit berjalan, sungai tercemar akibat limbah pupuk, pestisida serta limbah lainnya. (13/7/21)

Hasilnya, sungai tersebut tidak layak lagi digunakan oleh manusia untuk menangkap ikan, mandi, hingga kebutuhan lainnya.

Dan pada kenyataannya kampung perairan sudah dikelilingi oleh Kebun Kelapa Sawit, sekarang di izinkan lagi oleh camat Mesuji timur dengan kepala desa Wonosari dan tidak di tolak kerak Oleh Kepala desa sungai Cambai.

“,Tarbin Putra camat Mesuji timur kabupaten Mesuji membenarkan melalui via WhatsApp Sdh pak!.. Pt. Bangun Tata lampung Asri pak!.. Hasil musy forkopimcam dan perangkat .lembaga desa bapak Pembagian air yg ada di pt..pak, kades Wonosari bapak Yg lebih faham pihak pt,

 Abang yg baik Silaturahmi aja ke kantor pt. btla abang untuk lebih jlsnya

Ok bang ekam agey bersihin bak mandey..

Lanjut Es ragah ejow moneh..

Tdk ada dampaknya abangkew..saling menguntungkan, Agar tdk tergenang tutup tarbin.

“Kepala Desa Wonosari enggan memberikan komentar, saya akan Telp camat dulu mengenai hal tersebut!

Lanjut ibada Kepala desa sungai Cambai kalau rapat kami tidak dilibatkan dan kami hanyalah mintak bagian pengerjaan tutup kades Sungai cambai’,.

“Ungkap Idrus Dewan Perwakilan rakyat kabupaten Mesuji (DPRD) 2017 saya pernah menyatukan toko masyarakat sungai cambai dgn perusahaan BTLA TBL Sip yg berurusan dgn sungai mesuji.

Semenjak berdiri nya perusahan karet dan sawit dimesuji mulai la pencemaran sungai dimulai , walau alibi perusahan suda memakai sistem pengolahaan limbah padat atau cair.

Pencemaran air sungai disebabkan beberapa paktor.

1 dari pembuatan kanal kanal sehingga air mulai agak keruh

2 limbah kebon sawit dan karet ketika perusahan memupuk kebun dan ada hujan maka akan mengalir sisa sisa pupuk dan kotoran masuk kealiran kanal dan terus ke sungai.

3 memang limbah perusahan suda memakai sistem pengolahan dgn baik. Sehingga sehingga ikan pun tidak mati .. Setela di steril dibuang ke sungai tapi wlu dlm keadaan keru. Tutur Idrus digrop WhatsApp fakta Mesuji

Lanjut Pemerintah dalam hal ini Bupati Mesuji, harus pokus untuk masalah ekonomi masyarakat pribumi di perairan. Majukan dan bangun kampung pribumi, Tata bantaran sungai dikawasan desa. Bangun pasilitas keperluan masyarakat pribumi.

Inilah solusi nya… Klu sungai mengikuti kemajuan desan dan kawasan dibantaran sungai, unkap Idrus

Akibat masalah tersebut Mayoritas penduduk desa tersebut harus kehilangan tanah yang sebelumnya merupakan sumber penghasilan.

Mereka yang dulunya berprofesi sebagai petani dan nelayan, kini beralih menjadi buruh harian diperkebunan kelapa sawit.(Tim-red)

Artikel ini telah dibaca 124 kali

Baca Lainnya